Mau Liburan Nyaman Tapi Tetap Hemat? Ini yang Harus Lo Lakukan!

http://www.resortrentals.com/blog/wp-content/uploads/sites/2/2018/01/Friends-vacation.jpg

Kalau dulu liburan itu bisa dibilang merupakan hal yang mewah, sekarang enggak lagi. Dengan semakin banyaknya kemudahan dan promosi yang gencar dilakukan para pelaku bisnis akomodasi dan transportasi, liburan kini jadi hal yang lumrah. Bahkan, sekarang liburan dengan bujet yang minim ke kota wisata yang “mahal” kayak Bali sekalipun enggak lagi terasa mahalnya.

Yap, sekarang ini ada banyak cara buat nikmatin liburan yang murah meriah. Tapi, namanya juga cari yang murah, berarti lo harus bisa terima tidur di dormitori, numpang di rumah host, dan irit ongkos pula. Kalau lo tipe yang suka liburan fancy, tentu liburan murah yang menekan bujet banget enggak bakal bikin lo puas. Adanya lo bisa

Tapi, gimana kalau keinginan buat liburan mewah dan nyaman enggak berbanding lurus sama isi dompet? Apakah lo enggak boleh liburan? Hhmm.. Tentu enggak, dong. Liburan adalah hak semua orang!

“Lah, terus gimana? Kalau gue mau nginep di hotel bintang 4 aja, harganya bisa 800ribuan semalam.”

Nah, makanya lo perlu simak tips yang bakal gue kasih ini. Niscaya lo bisa liburan mewah ala travel blogger papan atas, tapi tetap irit. Cus, langsung lihat di sini!

Liburan berdua; lebih banyak lebih baik

Sekarang emang lagi tren yang namanya traveling solo, ya. Tapi, kalau lo mau hemat bujet, sebetulnya paling oke traveling berdua atau lebih sama teman-teman. Kenapa? Soalnya lo bisa share cost akomodasi, transportasi, sampai makan!

Yap, share cost ini bisa menghemat bujet banget. Soalnya, biasanya yang suka traveling solo adalah para pelancong yang senang bertualang. Jadi, enggak peduli akomodasinya kayak gimana, enggak peduli harus makan apa, yang penting mereka bisa menjelajah kota tujuan mereka. Sementara, kalau lo mau tetap liburan dengan nyaman, menginap di kamar ber-AC dengan kasur yang empuk, ruangan bersih, kamar mandi di dalam, dan tentunya privasi yang terjaga, minimal lo perlu menginap di budget hotel kalau lo liburan berdua, atau di jaringan hotel BnB atau homestay kalau lo liburan rame-rame.

Buat transportasi dan biaya makan pun, lo bisa share cost kalau liburan bareng teman-teman. Misalnya lo sewa motor, biaya sewanya jadi bisa lo bagi dua. Kalau sewa mobil rame-rame pun, lo bisa irit banget. Tentunya, lo bisa lebih irit lagi kalau ada yang bisa nyetir, jadi lo enggak perlu bayar lebih buat sopir.

Naik kereta atau tunggu promo tiket pesawat

Kalau lo mau tetap liburan nyaman tapi enggak habis biaya di ongkos transportasi, lo perlu pertimbangkan naik kereta aja. Selain bebas macet, naik kereta juga bisa dibilang lebih cepat dan nyaman daripada naik bis. Udah gitu, sekarang kereta di Pulau Jawa udah nyaman banget. Kelas ekonomi pun udah dilengkapi AC, kamar mandi yang bersih, dan tentunya keberangkatan dan kedatangan yang anti-ngaret.

Tapi, kalau lo mau liburan ke luar pulau atau bahkan ke luar negeri, lo cuma perlu pantengin terus situs online travel agent atau maskapai yang bersangkutan buat dapetin tiket promo dengan harga miring. Beberapa maskapai bahkan enggak pernah absen ngadain travel fair setiap tahun. Dan harga yang ditawarkan bisa jauh banget dari biasanya. Tiketnya pun biasanya bisa lo pesan buat perjalanan sampai tahun depan! Nah, kalau tiket perjalanan udah di tangan, liburan lo pasti enggak bakal batal. Kenyamanan pun tetap bisa lo dapatkan, baik dengan naik kereta atau pun pesawat.

Susun bujet harian

Kedengarannya sepele, nih, tapi sebetulnya penting banget. Enggak banyak yang khilaf saat liburan dengan jajan ini dan itu, padahal sebetulnya enggak perlu. Nah, kalau lo mau irit tapi tetap nikmatin perjalanan lo, bujet harian ini penting banget lo buat. Misalnya, lo udah bermimpi mau ke salah satu kafe atau restoran kece yang ada di kota tersebut, lo perlu buat bujetnya dan sesuaikan sama rencana perjalanan lo. Misalnya, acara makan di restoran fancy tersebut bisa lo sisipkan di setelah lo selesai menjelajah kawasan wisata setempat dan sebelum lanjut menjelajah tempat wisata lainnya.

Nah, kalau hari pertama, misalnya, lo udah ke restoran fancy buat makan siang, besoknya lo makan siang di tempat biasa aja. Sebagai gantinya, malamnya lo bisa nongkrong cantik di kafe yang instagramable sambil ngumpulin stok foto. Jangan sampai dalam sehari lo makan di dua restoran mewah atau nongkrong di kafe sekaligus. Bisa-bisa bujet lo membengkak enggak terkendali.

Pilih makan enak atau tidur nyaman?

Yah, intinya lo emang enggak boleh maruk kalau mau tetap irit. Lo bisa aja liburan fancy dengan menginap di hotel mewah atau minimal bintang 3-lah. Lo juga bisa pergi ke kota wisata itu naik pesawat atau kereta eksekutif yang nyaman banget dan lebih cepat sampai. Tapi, tetap harus ada yang dikorbankan. Transportasi di kota tersebut, misalnya, atau justru biaya makan lo.

Yap, kadang saat liburan lo bisa kalap makan di mana aja tanpa memperhitungkan bahwa lo udah habis biaya cukup banyak di tiket pesawat, kereta, atau penginapan. Makanya, lo harus relakan salah satunya. Misalnya, buat berkeliling di kota tujuan, lo dan teman lo cuma sewa motor aja. Kalau mau tetap nyaman dan kebetulan lo liburan rame-rame banget, lo bisa sewa mobil tanpa sopir. Tapi, buat makanannya, lo harus rela makan di warteg atau kios makanan murah yang biasa aja. Bisa aja lo nikmatin makanan khas di kota tersebut, tapi sekali aja.

Kayak di Yogya, misalnya, ada gudeg legendaris kayak Gudeg Yu Djum. Enggak apa lo cobain Gudeg Yu Djum, tapi sisanya lo makan di angkringan aja atau di rumah makan padang yang bisa share cost lauk dan nasinya segunung. Dan hindari nongkrong di kafe atau bar karena ongkos nongkrong di sana bisa lebih mahal dari makan siang lo.

Memilih kamar hotel tipe standar pada detik terakhir

Nah, kalau lo mau ngerasain kemawahan menginap dengan harga yang masuk akal dan terjangkau, lo bisa coba trik yang satu ini. Di tengah gencarnya invasi online travel agent, lo kini bisa memilih kamar hotel dengan harga terbaik. Mulai dari yang murah banget sampai yang bintang 5, lo bisa dapetin dengan potongan harga yang lumayan. Beberapa online travel agent bahkan sering ngasih promo tambahan di waktu-waktu tertentu, misalnya habis gajian.

Kalau lo mau dapetin kamar dengan harga termurah, lo wajib memilih kamar hotel tipe standar. Meski tipe standar, biasanya lo udah bisa dapetin kamar yang cukup luas dengan kamar mandi dalam dan kasur berukuran queen sampai king size, tergantung hotel yang bersangkutan. Tapi, lo juga bisa dapetin harga yang lebih murah lagi dari yang tertera di online travel agent dengan memesan pada detik-detik terakhir, biasanya lewat pukul 6 sore. Kenapa? Soalnya biar bagaimanapun, pihak hotel tetap pengin kamar-kamarnya penuh. Tapi, pastikan lo nelepon langsung ke hotelnya, ya, buat dapetin potongan harga “rahasia” ini.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>